Ketentuan perbaikan :
1. Lakukan install ulang pada Aplikasi Dapodikdasmen. Diawali dengan proses uninstall Aplikasi Dapodikdasmen yang sudah terpasang.
Gambar proses uninstall 1
Gambar proses uninstall 2
2. Lakukan Generate Prefill baru pada laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan (tab prefill). Pilih salah satu tautan generate prefill yang telah disediakan.
Gambar proses Generate dan Unduh Prefill
3. Install Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.
Gambar proses Installasi Aplikasi Dapodikdasmen
4. Registrasi secara offline dengan menggunakan prefill baru tersebut.
Gambar Laman Registrasi Aplikasi Dapodikdasmen
5. Periksa data siswa yang belum masuk rombel karena telah dilakukan pembersihan/penghapusan anggota_rombel di server pusat.
Gambar Peserta didik tanpa Rombel
6. Petakan (mapping) kembali ke dalam rombongan belajar jika siswa tersebut masih aktif di sekolah anda.
Gambar Mapping Anggota Rombel
7. Keluarkan peserta didik jika peserta didik tersebut tidak terdaftar di sekolah anda (Mutasi/berganda)
Gambar Registrasi Peserta Didik
8. Lakukan sinkronisasi dengan langkah sebagai berikut:
> Pastikan terkoneksi internet dan lakukan sinkronisasi
Gambar status koneksi internet
> Update versi sinkronisasi
Gambar update versi sinkronisasi
> Klik tombol reload pada menu sinkronisasi
Gambar tombol reload
> Lakukan sinkronisasi
Gambar proses sinkronisasi
9. Cek kembali hasil sinkronisasi di laman: http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id.
Gambar Manajemen Sekolah
LAMPIRAN:
Unduh langkah-langkah perbaikan data sekolah terdeteksi peserta didik ganda
Bagikan troubleshoot:
Hak Cipta © Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi 2023 ()